Perbedaan Saham dan Deposito

Perbedaan Saham dan Deposito 2020

Diposting pada

Perbedaan Saham dan Deposito – Investasi adalah bentuk penanaman modal yang bertujuan untuk menghasilkan keuntungan. Dewasa ini ada banyak jenis investasi yang ditawarkan mulai dari investasi emas, reksadana, saham, dan bahkan deposito.

Bagi Anda yang masih ragu untuk memilih jenis investasi saham ataupun deposito sebaiknya Anda harus mengetahui perbedaan saham dan deposito agar tidak salah pilih dalam menentukan jenis investasi yang akan dipilih.

Perbedaan Saham dan Deposito yang Wajib Anda Ketahui

Perkembangan dunia investasi yang semakin pesat membuat para investor diharuskan untuk semakin jeli dalam memilih jenis investasi yang akan digunakan. Pasalnya salah dalam memilih jenis investasi dapat berakibat fatal hingga menimbulkan kerugian.

Advertisements

Jenis investasi saat ini yang paling banyak diminati adalah jenis saham dan deposito. Keduanya tentu dipilih berdasarkan manfaat yang akan diterima oleh para investor. Bahkan masyarakat biasanya menyamakan kedua jenis investasi tersebut.

Padahal terdapat perbedaan saham dan deposito sebagai jenis investasi yang dinilai cukup signifikan. Berikut adalah perbedaan antara jenis investasi saham dan deposito yang wajib untuk Anda ketahui:

Perbedaan Saham dan Deposito

  • Risiko yang harus Anda tanggung

Salah satu perbedaan mendasar antara saham dan deposito yang wajib untuk Anda ketahui adalah besaran risiko yang harus Anda tanggung.

Dengan mengikuti jenis asuransi deposito maka risiko kerugian yang akan Anda tanggung lebih kecil dibandingkan dengan mengikuti jenis investasi saham.

Hal tersebut dikarenakan adanya jaminan bagi pihak investor yang mengikuti program investasi deposito sedangkan pada investasi jenis saham tidak terdapat jaminan yang melindungi Anda dari kerugian yang mungkin dialami.

Advertisements
  • Jangka waktu investasi

Selanjutnya yang membuat perbedaan saham dan deposito ialah jangka waktu investasi. Bagi Anda yang hendak memilih jenis investasi baik saham maupun deposito hendaknya mengetahui jangka waktu investasi dari jenis investasi yang akan Anda jalani.

Untuk Anda yang menggunakan investasi jenis deposito maka jangka waktu yang harus Anda tunggu dalam masa investasi hingga perolehan keuntungan pun cukup lama tergantung dari kesepakatan antara Anda dengan pihak Bank.

Biasanya semakin lama Anda mendepositokan modal Anda maka keuntungan yang diperoleh pun semakin besar. Sedangkan pada investasi jenis saham maka Anda bebas kapan saja mencairkan keuntungan Anda dengan cara menjual saham di pasaran dengan harga yang lebih tinggi tentunya.

  • Status kepemilikan

Kemudian yang membedakan antara investasi saham dengan deposito ialah status kepemilikan investasi. Pada investasi jenis saham maka berarti Anda memiliki kepemilikan penuh akan saham yang Anda investasikan berikut dengan risiko untung rugi yang harus Anda tanggung.

Sedangkan pada investasi jenis deposito maka status kepemilikan modal Anda berada pada kuasa Bank. Anda tidak dapat mencairkan dana investasi Anda sewaktu-waktu sebelum mencapai batas waktu yang  telah disepakati sebelumnya bersama dengan pihak Bank.

  • Keuntungan

Selanjutnya yang membedakan antara jenis investasi saham dengan investasi deposito adalah keuntungan yang akan diperoleh.

Dengan mengikuti jenis investasi saham maka keuntungan yang akan Anda dapatkan apabila saham yang Anda miliki naik bahkan dapat tercapai hingga puluhan kali lipat akan tetapi tidak menjamin apabila harga saham turun.

Perbedaan Saham dan Deposito

Sebaliknya pada jenis asuransi deposito keuntungan yang akan Anda miliki sudah pasti tetap dan adanya jaminan kerugian tentunya. Oleh karenanya sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan keuntungan yang akan diperoleh sebelum memilih jenis asuransi tentunya.

Demikianlah perbedaan saham dan deposito yang wajib untuk Anda ketahui, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *