Keuntungan Saham Per Tahun Berapa Ya?

Keuntungan Saham Per Tahun Berapa Ya?

Diposting pada

Keuntungan Saham Per Tahun Berapa Ya? – Banyak kegiatan investasi yang biasa dipilih untuk bisa menambah uang dan salah satunya adalah menabung saham. Cukup banyaknya keuntungan  saham per tahun membuat investasi saham menjadi salah satu cara yang mulai banyak diminati.

Akhir tahun 2015 pihak pemerintah Indonesia melalui OJK dan BEI memang gencar untuk mempromosikan menabung saham untuk masyarakat Indonesia.

Memang jika menabung saham bukanlah perkara baru di Indonesia, namun bagi kita selaku masyarakat awam pastinya sedikit asing dengan istilah tersebut.

Advertisements

Mengawali Langkah Menabung Saham

Menabung saham hampir mirip seperti menabung pada bank konvensional. Hal yang membedakan antar keduanya adalah uang yang telah disetorkan oleh Anda akan digunakan untuk membeli saham. Jadi investasi yang akan Anda lakukan berbentuk kepemilikan saham sebuah perusahaan.

Keuntungan Saham Per Tahun Berapa Ya?

Dengan menabung pada saham perusahaan, maka modal dari perusahaan tersebut bisa bertambah dan laju perekonomian Indonesia akan lebih positif. Dengan dampak yang cukup baik, maka kegiatan menabung saham akan lebih dipermudah agar mampu menarik minat banyak investor.

Langkah awal untuk bisa menabung saham adalah dengan pergi ke perusahaan perantara atau sekuritas. Datang le kantor perusahaan tersebut dilakukan untuk membuat akun SID ( single investor ifentification).

Anda tidak perlu khawatir untuk mencari perusahaan perantara ini. Kini beberapa bank lokal terbesar di Indonesia sudah bisa digunakan sebagai perusahaan perantaranya.

Keuntungan Menabung Saham Dalam Satu Tahun

Menabung saham pastinya merupakan investasi jangka panjang. Mengetahui akan keuntungan saham per tahun haruslah terlebih dahulu dihitung sebelum dalam penentuan pembelian saham.

Di dalam menabung saham pastinya Anda akan lebih mudah karena tidak perlu pusing memikirkan nilai naik dan turun dari saham setiap hari.

Menurut pengamatan yang dilakukan, nilai Indeks Harga Saham Gabungan mengalami kenaikan sebesar 24%, sedangkan nilai keuntungan dari deposito adalah 7-8 persen.

Advertisements

Jika dilihat lebih saksama, maka keuntungan menabung saham akan lebih besar nilainya ketimbang berinvestasi pada deposito setiap tahunnya. Contohnya adalah ketika Anda menginvestasikan uang sebesar 100.000.000 dan nilai saham naik 10% dalam satu tahun.

Keuntungan yang didapatkan adalah sebesar 10% x 100.000.000 = 10.000.000. Itu pun belum termasuk dari deviden yang bisa didapatkan. Baca juga di sini: Cara Membuka Rekening Saham Online.

Untuk bisa mendapatkan keuntungan saham per tahun dari kegiatan menabung saham, maka Anda perlu sangat teliti dalam penentuan sebuah perusahaan. Kejadian beberapa saat yang akan datang tidaklah diketahui oleh semua orang. Bisa saja dalam beberapa bulan dari pembelian perusahaan mengalami gejolak dan nilainya anjlok.

Hal ini jelas akan sangat merugikan karena nilai keuntungan pastinya tidak akan didapatkan. Untuk antisipasi hal yang tidak diinginkan seperti tersebut, maka mempelajari ilmu tentang penentuan jenis perusahaan yang cocok digunakan sebagai tempat berinvestasi amatlah diperlukan.

Besaran keuntungan yang bisa diperoleh dari menabung saham seriap tahu tidak akan bisa dihitung secara pasti. Namun untuk bisa menjaga keuntungan selalu bisa didapatkan, maka cara pemilihan sebuah saham haruslah tepat dilakukan.

Keuntungan Saham Per Tahun Berapa Ya?

Ini adalah beberapa tips untuk menjaga keuntungan bisa terjaga ketika ingin menabung saham:

  • Memilih saham perusahaan dengan laju pertumbuhan yang stabil. Anda haruslah melihat grafik laju pertumbuhan dari sebuah perusahaan dalam penentuan investasi. Akan lebih aman dengan memilih perusahaan yang stabil daripada perusahaan yang nilai sahamnya naik turun.
  • Membagi investasi ke dalam beberapa jenis saham yang berbeda-beda. Langkah ini dilakukan agar keuntungan saham per tahun bisa lebih terjaga. Jika mengalami kerugian, maka tidak akan terlalu besar mengingat investasi lainnya bisa menopang kerugian yang dialami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *