Cara Menghitung Simulasi Cicil Emas BSM

Cara Menghitung Simulasi Cicil Emas BSM

Diposting pada

PUTRIBANK.COM – Di bisnis gadai memang saat ini sangat digandrungi. Hal ini disebabkan banyaknya konsumen yang tertarik dengan pelayanan tersebut, bahkan bukan hanya jasa pegadaian saja yang turut memeriahkan bisnis ini, bank pun ternyata melakukan bisnis ini juga.

Salah satunya adalah bank Mandiri Syariah yang kini melakukan pelayanan pencicilan emas. Simulasi cicil emas BSM (Bank Syariah Mandiri) menarik banyak pihak. Baca juga disini: Cara Kredit Emas di Bank BRI Syariah.

Contoh perhitungan utang

Bahkan menilik pernyataan Dirut PT BSM, Yuslam Fauzi, bisnis ini bisa meraup ratusan triliun atau tiga kali lipatnya per tahun. Sungguh menggiurkan bukan? Itulah alasan mengapa outletnya diperbanyak unitnya.

Advertisements

Omset satu unit diperkirakan bisa meraih milyaran rupiah dalam sebulan, maka bisa ditebak berapa ratus milyar yang bisa ditarik melalui bisnis ini.

Cara Menghitung Simulasi Cicil Emas BSM

Untuk mengetahui bagaimana perhitungan gadai emas ini, simak penjelasan mengenai simulasi cicil emas BSM : Misalnya Anda mengajukan pinjaman pegadaian emas pada kepemilikan 20 gram emas.

Jika harga perkiraan emas tiap gramnya adalah Rp 200.000,- maka nilai taksiran pegadaian adalah nilai emas dikalikan 90%, sebab batas dana pinjaman adalah 90% dari harga taksiran.

Jika begitu maka, nilai emas = Rp. 200.000,- x 20 gram = Rp 4.000.000,- sedangkan harga taksiran pegadaian adalah Rp. 4.000.000,- x 90% = Rp 3.600.000,- sedangkan biaya penitipan sebesar Rp 45.000,- jumlah ini didapat dengan mengalikan biaya taksiran dengan 1.25% atau biaya penitipan adalah sebesar 1.25% dari biaya taksiran.

Jadi kesimpulannya adalah saat kita melakukan peminjaman atau pegadaian emas dalam jumlah tertentu, kita harus menghitung berapa biaya taksirannya dan juga berapa persen jumlah maksimal uang yang kita boleh pinjami.

Advertisements

Bank Mandiri Syariah sendiri bisa meminjamkan dengan maksimal 90% dari harga taksir. Jika Anda memiliki 20 gram emas dengan hara taksirannya Rp 200.000,- maka Anda hanya berhak mengambil Rp 3.600.000,- yang bisa Anda cicil tiap bulannya.

Selain biaya taksiran, di bank ini juga memberlakukan biaya penitipan sebesar 1.25% dari harga taksiran. Yang artinya jika Anda mempunyai 20 gram emas dengan harga taksiran sebesar Rp 200.000,- maka biaya penitipan sebesar Rp 45.000,- yang dibayarkan setiap bulannya.

Jatuh tempo diberlakukan untuk 4 bulan, maka Anda bisa menghitung berapa besar uang yang harus disetorkan. Jadi utang pokok Anda akan diangsurkan atau dikembalikan dengan waktu jatuh tempo per empat bulan.

Jika Anda memiliki 20 gram emas seperti contoh di atas, maka jumlah yang harus disetorkan adalah Rp 3.780.000,- untuk 4 bulan.

Menabung penting saat mencicil emas

Namun jika Anda kurang setuju dengan membayar langsung pada jatuh tempo karena uang belum tersedia, maka sebaiknya Anda berlakukan sistem menabung dengan diri sendiri. Sisihkan pada tiap bulannya sepertiga atau seperempat dari utang pokok Anda. Kemudian tambahkan biaya penitipan.

Hal ini bisa Anda perkiraan saat simulasi cicil emas BSM yang bisa Anda hitung sendiri. Perhitungan pun harus dilandasi dengan patokan harga yang resmi di pasaran.

Jika memang berniat meminjam dan melakukan cicil emas, maka jangan hanya sekedar niat belaka. Anda harus siap sedia dengan risiko-risiko mencicil emas di bank.

Cara Menghitung Simulasi Cicil Emas BSM

Simulasi cicil emas BSM tadi diharapkan bisa memberi Anda bayangan bagaimana menghitung biaya cicilan yang harus disetorkan saat akan mencicil emas di bank dan berlaku pula di tempat lainnya. Sebab simulasi ini sangat penting mengingat Anda bisa membuat planing berdasarkan simulasi yang Anda buat sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *