Cara Membeli Saham Untung Dan Ruginya

Cara Membeli Saham Untung Dan Ruginya

Diposting pada

Cara Membeli Saham Untung Dan Ruginya –  Sebelum pembahasan mengenai cara membeli saham untung serta ruginya, maka akan lebih baik jika mengerti dulu apa itu saham. Saham ialah sejenis surat berharga yang mengacu pada nilai finansial modal dari sebuah perusahaan.

Jadi jika Anda memiliki saham dari sebuah perusahaan, maka keuntungan yang diperoleh dari perusahaan tersebut merupakan hak dari Anda senilai dengan seberapa besar saham yang dimiliki.

Saham dari sebuah bisa menjadi investasi yang menjanjikan karena nilainya yang tidak tentu dan bisa dijual belikan kapan saja. Pelajari dan carilah berbagai macam informasi untuk dipelajari mengenai cara berinvestasi pada pasar saham agar Anda bisa selalu untung dalam investasi.

Advertisements

Cara Membeli Saham Untung Dan Ruginya

Mengenal dan paham akan aturan permainannya bisa mengakibatkan keuntungan luar biasa didapatkan. Namun jika terlalu gegabah , maka kerugian hingga kebangkrutanlah yang akan didapatkan.

Langkah Pembelian Saham

Masih bingung mengenai bagaimana cara pembelian saham? Jika masih, maka berikut adalah langkah pembelian saham yang baik:

  • Buat rekening

Pembuatan rekening ini bukanlah rekening bank, melainkan rekening saham. Anda memerlukan bantuan perusahaan pialang untuk pembuatannya.

Berbagai macam jenis perusahaan palang bisa Anda pilih dan gunakan untuk pembuatannya. Masing-masing perusahaan memiliki kebijakan tersendiri mengenai nilai saldo awal pembuatan.

  • Pilih saham

Setelah pembukaan rekening dilakukan, makan Anda bisa melakukan pemilihan saham yang ada sebelum membeli. Pemilihan saham yang akan dibeli haruslah benar-benar perlu diperhatikan. Periksalah perusahaan tersebut apakah memiliki progres menanjak atau menurun.

Anda juga bisa melihat grafik nilai harga saham dari perusahaan tersebut apakah terus naik ataukah malahan turun. Pertimbangkan dengan matang saham perusahaan yang akan dibeli agar cara membeli saham untung bisa didapatkan.

Advertisements
  • Beli saham

Dalam pembelian saham sebenarnya ada 2 cara yang dilakukan yaitu melalui perusahaan pialang dan secara online. Jika menggunakan perusahaan pialang, maka Anda bisa menuju kantornya atau lewat telepon. Namun jika secara online, maka Anda haruslah mengunduh aplikasi pembelian saham terlebih dahulu.

Untung Rugi Investasi Saham

Cara Membeli Saham Untung Dan Ruginya

Pembahasan akan berlanjut pada untung dan rugi investasi saham. Dalam praktiknya pasti semua kegiatan usaha pasti ada untung dan rugi. Dalam investasi saham ada dua keuntungan yang bisa didapatkan. Keuntungannya adalah:

  • Deviden

Deviden adalah keuntungan dari bagi hasil bagi laba perusahaan. Laba yang akan diperoleh sebesar nilai saham yang dimiliki. Jadi ketika Anda membeli dan memiliki saham sebuah perusahaan sebesar 5%, maka 5% keuntungan yang didapat perusahaan tersebut merupakan hak Anda.

  • Capital gain

Capital gain adalah keuntungan yang didapatkan dari selisih untung penjualan saham yang Anda lakukan. Misalkan Anda membeli saham sebesar 50 juta dan menjualnya 75 juta. Maka keuntungan capital gain yang didapatkan sebesar 25 juta.

Ulasan mengenai cara membeli saham untung dan rugi akan berlanjut pada pembahasan mengenai kerugian dari investasi saham. Kerugiannya adalah sebagai berikut:

  • Capital loss

Jika tadi Anda sudah mengerti mengenai capital gain, maka ini merupakan kebalikannya. Capital loss adalah kerugian dari penjualan saham yang dilakukan. Saham yang Anda beli sebelumnya dan selanjutnya dijual di bawah nilai beli. Ini adalah salah satu kerugian investasi

  • Likuidasi

Likuidasi adalah di saat emiten bangkrut dan perusahaan harus membayar kerugian tersebut. Di saat itu terjadi Anda tidak akan mendapatkan nilai saham yang dimiliki. Perusahaan harus terlebih dahulu melunasi hutang. Sisa dari nilai modal yang akan dibagi pada pemegang saham sesuai dengan besaran yang dimiliki.

Itulah ulasan tentang cara membeli saham untung dan rugi yang bisa kami berikan. Semoga bisa menambah wawasan tentang investasi saham bagi Anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *