Cara Membeli Saham Bagi Pemula

Cara Membeli Saham Bagi Pemula 2019

Diposting pada

Cara Membeli Saham Bagi Pemula – Investasi saham pastinya sering kali terdengar pada zaman sekarang. Pangsa jual beli saham sudah menjadi salah satu kegiatan yang dilirik oleh sebagian orang untuk kegiatan mencari keuntungan lebih.

Nah, kali ini kami akan mengulas mengenai cara membeli saham bagi para pemula yang ingin terjun mencari peluang untung pada kegiatan jual beli saham.

Panduan Beli Saham Bagi Pemula

Bagi para pemula yang ingin bermain Investasi saham, maka perlu dimengerti jika pembelian saham sebenarnya tidaklah sulit. Jadi anggapan sebagian orang yang mengatakan bahwa kegiatan jual beli saham itu sulit, membutuhkan uang, dan rentan dengan kerugian itu sangatlah tidak tepat.

Advertisements

Untung rugi dalam bermain saham tergantung dari sikap para pemainnya dalam pengambilan keputusan pembelian atau penjualan. Jadi pelajarilah dengan saksama mengenai dasar-dasar investasi saham dan mantapkan tekat agar peluang untung bisa lebih besar didapatkan.

Untuk kegiatan pembelian saham, maka berikut merupakan panduan cara membeli saham bagi pemula:

Cara Membeli Saham Bagi Pemula

  • Membuka rekening efek

Masuk menjadi pemain pada pasar saham tentunya perlu yang namanya rekening saham. Pembuatan rekening saham dilakukan dengan mendatangi kantor perusahaan sekuritas.

Pembuatan rekening ini juga bisa dilakukan secara online dengan mengunjungi link situs perusahaan sekuritas tersebut. Pihak perusahaan akan memberikan formulir yang harus diisi. Setelah itu Anda juga harus mengirimkannya kembali untuk diverifikasi.

  • Melampirkan dokumen yang disyaratkan

Dalam proses pengiriman  data formulir yang sebelumnya diisi, Anda juga harus menyertakan beberapa dokumen syarat.

Beberapa dokumen tersebut antara lain adalah KTP atau paspor, NPWP, buku tabungan, kartu keluarga, materai. Semua dokumen disertakan berupa kopiannya saja.

Advertisements
  • Setor dana pada rekening efek yang telah dibuat

Setelah diverifikasi dan berhasil, maka Anda akan diminta untuk menyetorkan dana awal pada rekening efek yang telah dibuat. Dana setoran yang diminta cukup bervariasi tergantung dari perusahaan sekuritas yang digunakan.

Untuk perusahaan sekuritas dalam negeri biasanya minimal sekitar 500 ribu sampai 5 juta rupiah, namun jika menggunakan perusahaan sekuritas asing akan lebih mahal berkisar puluhan juta rupiah.

Setelah dana Anda kirimkan, maka perusahaan sekuritas akan memberikan ID dan password untuk bisa mengakses aplikasi dan kegiatan pembelian saham bisa segera dilakukan.

  • Download aplikasi jual beli saham

Aplikasi untuk pembelian saham bisa didapatkan pada situs perusahaan sekuritas yang Anda gunakan. Anda bisa mengunduh dan mengistalnya pada komputer atau laptop yang akan digunakan.

Namun jika Anda mau mengakses cara membeli saham melalui smartphone,  maka bisa mencarinya di Play Store ataupun Appstore. Penggunaan smartphone memang lebih memudahkan dalam akses karena praktis dan mudah untuk dibawa.

Namun bagi para pemain saham yang sudah berpengalaman akan lebih memilih menggunakan komputer. Komputer memungkinkan dipasang dengan banyak layar sekaligus sehingga melihat pergerakan nilai dari banyak saham bisa dilakukan secara bersamaan.

  • Pembelian saham

Setelah terinstal, maka masuk menggunakan ID yang sebelumnya Anda telah miliki. Nah, sekarang kegiatan pembelian saham sudah bisa Anda lakukan.

Bagi Anda para pemula haruslah mengerti dan menentukan tujuan dalam bermain saham. Jika Anda ingin bermain jangka pendek, maka pilihlah saham perusahaan yang nilainya sedang naik pada waktu tersebut.

Cara Membeli Saham Bagi Pemula

Sedangkan jika ingin bermain investasi jangka panjang, maka pilihlah jenis saham yang telah memiliki fondasi kokoh dan cenderung stabil. Itulah ulasan mengenai cara membeli saham yang bisa kami berikan. Semoga ulasan tersebut bisa bermanfaat bagi Anda sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *