Cara Investasi Emas Perhiasan Untuk Pemula

Cara Investasi Emas Perhiasan Untuk Pemula

Diposting pada

Cara Investasi Emas Perhiasan Untuk Pemula – Berinvestasi kini tidak hanya dengan berupa uang, namun logam mulia kini tengah digandrungi. Bahkan seorang direktur utama sebuah bank swasta bisa menarik omset puluhan triliun dalam setahun saat melakukan bisnis investasi dan kredit emas.

Tidak hanya di bank, pegadaian pun kini memberikan pelayanan tersebut juga. Hal ini didukung dengan banyaknya orang yang berbondong bondong ikut melakukan investasi dan mencari cara investasi emas perhiasan.

Keuntungan berkredit emas

Sebelum melakukan investasi ataupun kredit perhiasan di bank, ada baiknya mengetahui keuntungan melakukan investasi emas di bank sebagai berikut:

Advertisements
  • Lebih aman dan mudah beli emas

Anda tidak perlu bingung lagi untuk membeli emas di mana, karena sekarang di bank pun Anda bisa melakukan pembelian. Selain itu, Anda bisa mencicilnya ketika Anda belum memiliki uang yang cukup untuk membeli secara kontan.

Sistem cicilan pun bisa disesuaikan dengan berapa berat emas yang diinginkan dan bisa melakukan pegadaian dengan emas dipilih. Pilihannya pun beragam, jadi Anda tidak perlu bingung lagi dalam memilih emas.

Cara Investasi Emas Perhiasan Untuk Pemula

Cara Investasi Emas Perhiasan Untuk Pemula

  • Lebih menguntungkan

Melakukan kredit emas akan lebih menguntungkan dibanding investasi barang lainnya seperti uang. Sebab, harga emas lebih stabil dibanding dengan uang yang bisa saja lenyap karena pengaruh inflasi.

Saat inflasi, uang akan tergerus dan harganya jatuh. Namun tidak dengan emas atau perhiasan lainnya yang justru stabil harganya dibanding uang

Advertisements

Siap kredit emas

Setelah mengetahui apa saja yang bisa Anda dapatkan dengan investasi perhiasan maka Anda harus memperhatikan hal berikut saat Anda mencari tahu cara investasi emas perhiasan di bank. Sebab, ada 3 syarat khusus yang harus dilengkapi sebelum mengajukan kredit, di antaranya adalah :

  • Batasan umur

Terdapat batasan umur saat mengajukan investasi atau kredit emas. Hal ini ditujukan untuk mengantisipasi kemungkinan nasabah mangkir membayar dan menjadi estimasi masa produktif. Karyawan sendiri bisa dikabulkan permohonannya jika berusia 21 tahun hingga 55 tahun.

Jadi, jika berumur kurang dari atau lebih dari batas umur yang ditentukan, maka pengajuan kredit akan ditolak. Selain itu, untuk profesional dan wiraswasta maksimal pengajuan adalah 60 tahun. Sedangkan pensiunan pun bisa mengajukan jika hingga batas maksimal angsuran adalah 70 tahun.

  • Warga negara asli Indonesia

Selain umur kewarganegaraan pun tetap menjadi syarat utama penerimaan pengajuan kredit. Pemohon harus mempunyai kewarganegaraan Indonesia asli dengan dibuktikan KTP atau kartu tanda penduduk yang asli maupun salinan. KTP menandakan orang tersebut benar-benar asli warga negara Indonesia dan data-data yang diberikan valid.

  • Uang muka

Selain kedua hal di atas, ada syarat khusus yaitu uang muka. Uang muka ini dibayarkan pada saat pertama pengajuan. Sebanyak 20% dari harga taksiran emas.

Harga taksiran emas adalah harga emas per gramnya dikali dengan berat emas. Lalu ambil 20% nya sebagai harga uang muka. Uang muka ini tidak boleh dicicil melainkan harus dibayar tunai.

Setelah mengetahui syarat apa saja yang perlu dipenuhi, saatnya mengetahui cara investasi emas perhiasan yaitu dengan mendatangi pihak bank yang terkait.

Lalu mengisi formulir permohonan. Saat mengajukan syarat-syarat di atas akan ditanyakan. Kemudian pemilihan berat dan tempo angsuran akan didiskusikan.

Cara investasi emas perhiasan sangat mudah bukan? Jadi jangan segan untuk melakukan investasi emas di bank. Sebab banyak keuntungan bisa didapat dengan investasi ini. selain itu, harganya yang cenderung stabil bisa dibilang lebih aman dibandingkan dengan uang.

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *