Berapa Keuntungan Nabung Saham?

Berapa Keuntungan Nabung Saham? 2019

Diposting pada

Berapa Keuntungan Nabung Saham? – Zaman sekarang menabung tidaklah di bank saja. Kini telah muncul cara menabung jenis baru yaitu menabung saham. Apa itu nabung saham?

Dan apa keuntungan nabung saham? Pemerintah memang menggalangkan program untuk mengajak seluruh masyarakat mencoba menabung saham. Namun karena pengenalan dan penyuluhan yang masih terbatas, banyak masyarakat yang belum mengetahuinya.

Berapa Keuntungan Nabung Saham?

Advertisements

Masyarakat lebih mengenal menabung di bank dan belum mengerti betul tentang menabung saham. Untuk itu kami akan mencoba membantu bagi Anda yang ingin tahu lebih detail mengenai menabung saham dan apa saja keuntungannya. Baca juga disini: Cara Mencairkan Saham Menjadi Uang.

Serba-Serbi Menabung Saham

Saham adalah sebuah surat yang bisa diperjual-belikan dan merupakan tanda kepemilikan atas modal pada sebuah perusahaan. Jadi jika Anda memiliki saham sebuah perusahaan, otomatis Anda akan ikut memiliki perusahaan tersebut dan mendapatkan hak dari laba bersih senilai jumlah dan ketentuan yang diterapkan.

Namun semua perusahaan yang ada tidak selalu menyediakan atau menerbitkan saham dan bisa dibeli dengan bebas. Perusahaan yang sahamnya bisa dibeli hanyalah perusahaan yang telah mendaftarkan diri pada Bursa Efek Indonesia. Perusahaan yang terdaftar di BEI biasa disebut emiten.

Keuntungan Dari Nabung Saham

Perihal keuntungan nabung saham sebenarnya ada 2 yang bisa didapatkan yaitu deviden dan capital gain. Penjelasannya sebagai berikut:

  • Deviden

Deviden adalah keuntungan yang bisa didapatkan oleh pemegang saham dari sebuah perusahaan yang berasal dari laba bersih perusahaan. Perhitungan tentang jumlah besarnya keuntungan yang bisa didapatkan berbeda-beda tergantung dari aturan setiap perusahaan.

Baik dari nilai pemberian deviden hingga jumlah laba yang dihasilkan pastinya akan berbeda antara satu dan lainnya sehingga kita tidak akan bisa menentukan secara pasti mengenai jumlah keuntungan dari deviden.

Advertisements

Jika Anda ingin mendapatkan keuntungan dari nabung saham melalui deviden, maka kami menganjurkan untuk memilih perusahaan besar dan sudah berdiri lama.

Perusahaan besar dan telah berdiri lama pastinya memiliki fondasi yang cukup kuat sehingga akan cenderung lebih stabil di saat terkena guncangan ekonomi.

Namun modal yang diperlukan pastinya akan lebih besar mengingat nilai saham yang dipatok oleh perusahaan besar pasti lebih tinggi daripada perusahaan kecil.

  • Capital Gain

Keuntungan nabung saham yang kedua adalah capital gain. Capital gain merupakan sebuah keuntungan yang hadir ketika Anda mendapatkan selisih harga antara membeli saham dan menjual saham.

Hal ini mengacu pada kegiatan jual beli saham yang Anda lakukan. Ketika Anda untung dalam jual beli saham, maka disebut capital gain. Sedangkan jika merugi, maka disebut capital loss.

Dalam kegiatan jual beli saham, para pelaku hanya menganggap saham sebagai objek untuk diperjual belikan saja tanpa memperdulikan faktor kepemilikan.

Para pelaku atau investor cenderung lebih melihat dari peluang pertumbuhan nilai saham. Perusahaan yang berpotensi naik dikemudian hari pastinya menjadi buruan para investor.

Cara mendapatkan untung dari nabung saham melalui capital gain biasanya dipakai oleh investor dengan target investasi jangka pendek.

Mereka cenderung memilih jenis perusahaan kecil yang berpeluang naik untuk bisa mendapatkan selisih jual. Ketepatan akan analisis merupakan kunci yang diperlukan pada kegiatan jual-beli saham ini.

Berapa Keuntungan Nabung Saham?

Tips bagi Anda yang ingin mencoba mendapatkan keuntungan nabung saham melalui jual-beli, maka kami sarankan untuk selalu melihat pergerakan ekonomi yang terjadi.

Gejolak perekonomian akan mampu mengubah nilai saham yang dimiliki masing-masing  perusahaan. Update selalu mengenai info pasar saham agar ketepatan bertindak bisa dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *