Apa Saja Keuntungan Saham Per Bulan

Apa Saja Keuntungan Saham Per Bulan

Diposting pada

Apa Saja Keuntungan Saham Per Bulan –  Banyaknya orang melirik jenis investasi saham pastinya tidak terlepas dari keuntungan saham yang bisa didapatkan. Memang nya apa saja keuntungan saham per bulan?

Pertanyaan itu mungkin akan dimiliki oleh para orang awam yang belum terjun ke dunia investasi saham. Agar lebih dipahami semua orang, maka tidak ada salahnya untuk kami bahas kali ini.

Keuntungan Deviden Saham Per Bulan

Untung investasi saham dari sebuah perusahaan per bulan tergantung dari laba perusahaan tersebut. Sebagai pemilik saham, maka Anda akan mendapatkan deviden dari saham setiap bulannya. Deviden ialah salah satu dari kebijakan keuangan yang diberlakukan oleh suatu perusahaan kepada para pemegang saham.

Advertisements

Bagi para pemain saham pasti akan memperhatikan mengenai deviden yang didapatkan. Tujuan dari kegiatan investasi saham adalah mendapatkan untung kembalian yang  sebesar-besarnya. Inilah yang disebut dengan deviden.

Apa Saja Keuntungan Saham Per Bulan

Untuk setiap bulannya para pemegang saham akan mendapatkan deviden sebesar nilai saham yang dimiliki. Jadi untuk Anda yang mengharapkan jumlah deviden yang besar, maka jumlah saham yang ditanam pada perusahaan tersebut juga haruslah besar.

Menghitung Keuntungan Deviden Per Bulan

Seperti yang sebelumnya disinggung jika keuntungan saham per bulan dari deviden akan tergantung dari performa perusahaan yang bersangkutan. Semakin baik performanya dalam menghasilkan laba bersih, maka keuntungan deviden yang didapatkan juga lebih besar.

Namun ketika perusahaan mengalami pailit atau bangkrut, maka Anda sebagai pemegang saham perusahaan tidak akan didahulukan untuk mendapatkan keuntungan.

Harta perusahaan baik modal tetap ataupun bergerak akan terlebih dahulu dilelang untuk bisa menutup kerugian terlebih dahulu.

Sisa dari modal setelah pelunasan inilah yang akan diberikan sebagai deviden kepada setiap pemegang saham perusahaan bersangkutan sesuai lembar jumlah yang dimiliki.

Dalam perhitungan deviden sekiranya ada 3 hal yang perlu diketahui , yaitu:

Advertisements
  • Laba bersih.
  • Deviden Payout Ratio.
  • Jumlah saham yang dikeluarkan oleh perusahaan.

Setelah mengetahui ketiga data tersebut, maka perhitungan deviden bisa dilakukan. Berikut adalah contoh dari cara menghitung deviden sebuah perusahaan agar kejelasan bisa Anda dapatkan:

Sebuah perusahaan A memiliki jumlah saham yang dikeluarkan sebanyak 100.000 lembar saham. Perusahaan tersebut mendapatkan untung bersih pada bulan ini sebesar 15.000.000.000.

Sedangkan untuk deviden payout ratio yang ditetapkan oleh perusahaan sebesar 50% dari jumlah laba bersih yang dihasilkan tiap bulannya. Baca juga disini: Cara Bermain Saham Dengan Modal Kecil.

Dari data di atas, maka perhitungan keuntungan saham per bulan dari deviden bisa dihitung seperti ini:

Total deviden = Laba bersih x deviden payout ratio = 15.000.000.000 x 50%= 7.500.000.000.

Deviden per lembar saham = 7.500.000.000: 100.000= 75.000.

Jadi nilai deviden per lembar dari perusahaan tersebut adalah 75.000 ribu rupiah. Jadi ketika Anda memiliki 1.000 lembar saham, maka keuntungan deviden per bulan adalah 75.000 x 1.000 = 75.000.000.

Kesimpulan

Dari ulasan di atas, maka kita bisa menyimpulkan mengenai keuntungan tiap bulan yang bisa dihasilkan dari investasi saham. Keuntungan dari investasi modal yang dilakukan per bulan bisa dilihat dari deviden yang didapatkan oleh pemegang saham.

Apa Saja Keuntungan Saham Per Bulan

Jumlah deviden yang bisa didapatkan setiap bulannya pastilah tidak tentu. Ada 3 hal yang bisa mempengaruhi jumlah keuntungan deviden yang bisa didapatkan, yaitu:

  • Keuntungan bersih yang didapatkan oleh perusahaan.
  • Seberapa banyak jumlah lembar saham yang dimiliki.
  • Aturan ketentuan dalam perhitungan saham yaitu deviden payout ratio.

Ketiga hal tersebut harus Anda perhatikan agar bisa menghitung keuntungan saham per bulan yang Anda investasikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *