Akuntansi Investasi Jangka Pendek Dan Jangka Panjang

Akuntansi Investasi Jangka Pendek Dan Jangka Panjang 2019

Diposting pada

Akuntansi Investasi Jangka Pendek Dan Jangka Panjang – Sebelum masuk dalam pembahasan mengenai akuntansi investasi jangka pendek juga jangka panjang maka sangat perlu bagi pembaca mengetahui apa itu arti dari investasi terlebih dahulu.

Sekarang bisnis sudah dapat dilakukan dalam jangka pendek maupun jangka panjang, tujuan dari melakukan bisnis ini jelas untuk mendapatkan keuntungan.

Contoh dari bisnis yang jangka panjang adalah kita membeli tanah dan nantinya akan dijual apabila harga tanah tersebut sudah naik, cara bisnis yang seperti itu bisa dikatakan sebagai investasi.

Advertisements

Akuntansi Investasi Jangka Pendek Dan Jangka Panjang

Jadi bisa diambil kesimpulan arti dari investasi ini adalah membeli sebuah barang atau benda yang diharapkan nantinya akan memiliki nilai jual yang lebih tinggi, jadi nanti akan ada selisih dari jumlah total pembelian dan penjualan dan inilah yang dinamakan sebagai keuntungan investasi.

Pengertian Investasi Jangka Pendek

Sekarang ini mencari uang memang sangat sulit, kalau hanya dari uang hasil bekerja saja itu sangatlah tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup. Jadi kita harus pintar mencari sumber penghasilan yang lainnya, salah satu caranya adalah dengan melakukan akuntansi investasi jangka pendek.

Dengan melakukan investasi ini kita akan memiliki uang yang nantinya bisa digunakan di masa depan nanti dan ini merupakan cara untuk menghindari kesulitan ekonomi apabila sedang butuh uang mendadak.

Arti dari investasi jangka pendek adalah investasi yang dilakukan di mana uang yang mau digunakan itu disimpan terlebih dahulu pada sebuah lembaga keuangan dan juga pada sebuah usaha.

Uang ini akan bisa diambil jika jangka waktu investasi ini sudah berakhir dan uang ini juga bisa digunakan sewaktu-waktu sesuai dengan kebutuhan kita.

Advertisements

Jelas ini sangat berbeda dengan investasi jangka panjang yang uangnya hanya dapat dinikmati jika investasi ini sudah berjalan dalam waktu yang lama.

Macam-Macam Investasi Jangka Pendek

Saat mau melakukan akuntansi investasi jangka pendek lebih baik kita mengetahui terlebih dahulu macam-macam dari investasi jangka pendek ini terlebih dahulu.

Supaya kita paham apa saja yang akan didapatkan jika melakukan investasi tersebut dan macam-macam dari investasi ini adalah sebagai berikut.

  • Menabung Di Bank

Menabung di bank itu sudah merupakan bentuk dari investasi jangka pendek. Investasi jenis ini memang yang paling mudah untuk dilakukan oleh siapa saja dari anak-anak sampai orang dewasa bisa menabung di bank.

Untuk bisa menabung pada bank kita harus memenuhi syarat yang diajukan oleh bank, syaratnya adalah membukan rekening tabungan.

Untuk membuka rekening tabungan ini dibutuhkan kartu identitas dan juga kartu keluarga, semua syarat ini dibutuhkan untuk mengisi data pada database bank.

Setelah syarat terpenuhi maka kita sudah bisa menabung uang di bank tersebut kapan saja dan di mana saja dengan menggunakan mesin ATM. Keuntungan dari menabung di bank adalah nasabah akan diberi kebebasan mengenai berapa jumlah uang yang mau ditabungkan.

  • Deposito

Jenis investasi jangka pendek yang kedua adalah deposito maksud dari deposito ini adalah kita akan memasukkan sejumlah uang dan uang ini baru bisa diambil dengan ketentuan waktu yang sudah ditentukan oleh bank.

Keuntungan yang bisa didapatkan dari deposito ini lebih banyak dibandingkan dengan menabung uang, jadi untuk yang ingin mendapatkan uang banyak lebih baik memilih investasi yang satu ini. Baca juga disini: Cara Bermain Saham Dengan Modal Kecil.

Tetapi akuntansi investasi jangka pendek memiliki kekurangan dan kekurangannya adalah kita tidak bebas mengambil uang yang didepositokan dan apabila melanggar maka kita akan dikenakan sanksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *